Jumat, 24 Desember 2010

Banyak tidur itu gak baik lho..

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan berperan vital bagi kesehatan. Namun bila tidur sudah menjadi sesuatu yang dominan dalam aktivitas sehari-hari tentu harus diwaspadai. Mungkin kita menyangka kalau semakin banyak waktu untuk tidur maka semakin segar tubuh kita. Tidur minimal 7-8 jam sehari sih membuat badan segar kembali, tapi bila lebih dari 8 jam, malah membuat badan lemas dan tidak bersemangat..ya gak?..

Katanya kebanyakan tidur mempercepat kematian juga lho, ini karena dampak dari penyakit yang timbul akibat terlalu banyak tidur..
beberapa contohnya ni:
>> Diabetes
>> Sakit kepala : Untuk mereka yang rentan sekit kepala, tidur lebih lama dari biasanya pada saat weekend atau liburan dapat menimbulkan rasa sakit pada kepala. Para ahli percaya bahwa oversleeping berpengaruh pada neurotransmitter tertentu dalam otak, termasuk serotonin. Orang yang tidur lama di siang hari dan mengacaukan pola tidur malamnya juga terbukti sering mengalami sakit kepala pada pagi hari.
>> Sakit punggung
>>Depresi
>>Penyakit jantung

Bagaimana caranya agar tidak tidur berlebihan?..
-Pastikan makan malam terakhir setidaknya tiga jam sebelum tidur. “Cobalah membiasakan diri makan buah atau segelas susu sebelum makan malam dan hindari minum teh atau kopi sebelum tidur.”
-Olahraga rutin. Tak hanya akan membuat kmu tidur nyenyak, tapi juga membuat badan segar.
-Usahakan bangun pagi tak lebih dari pukul 6, karena akan membuat badan lebih segar dan siap melakukan aktivitas seharian tanpa kelelahan saat menjelang tidur kembali.
-Ciptakan kamar tidur dengan sirkulasi udara yang baik. Asupan oksigen yang cukup akan membuat pikiran tenang dan menormalkan fungsi tubuh.
-Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang sekitar 45 menit tak masalah, asal jangan sampai 2-3 jam karena akan merusak pola tidur malam.
-Hindari pikiran buruk menjelang tidur. Saat stres melanda, gunakan sejumlah trik menenangkan diri seperti meditasi atau yoga menjelang tidur.
-Stel alarm dengan ukuran tidur 7-8 jam di pagi hari. Tidur selama waktu itu adalah yang terbaik untuk melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sebab tidur kurang dari itu juga berbahaya bagi kesehatan.

*Kalo dipikir-pikir nih..
Jika kita tidur 8 jam sehari..Dalam 30 hari(1 bulan) kita dapat tidur selama 240 jam (8 x 30=240).
Jika Hidup Manusia Rata-Rata 60 Tahun dan 1/3 nya dipakai tidur maka 60 x 1/3= 60 : 3 = 20 TAHUN hanya untuk tidur bagi manusia..
sedangkan 2/3 lainya hanya untuk senang-senang, bekerja dll.
Apalagi waktu bayi kita tidur 20 jam sehari dan belum lagi saat kita sakit biasanya waktu tidur kita bertambah 2x lipat..Wow..semakin banyak aja waktu yang kebuang sia-sia..
Dan kita terus lupa Beribadah kepada Sang pencipta , kita masuk surga 1/3 amal dalam hidup pun belum cukup untuk masuk surga yang paling rendah.mmmmm..
berapa jam yang kalian gunakan untuk melakukan pengabdian pada allah?
berapa jam yang kalian gunakan untuk bermalas-malasan, berleha-leha, dan bersenang-senang?





referensi: 
http://www.medantalk.com/
http://ngesot.multiply.com
http://www.forumkami.com/forum/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar